Minggu, 07 Februari 2010

China - Indonesia Youth Exchange Program (CHIYEP)

China - Indonesia Youth Exchange Program (CHIYEP) merupakan salah satu program baru Pertukaran Pemuda Antar Negara yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI. Tahun 2011 menandai dilaksanakannya program ini untuk pertama kali.
Selama sepuluh hari di China, peserta belajar mengenai pembangunan dan pemberdayaan pemuda di China. Selain kunjungan kenegaraan ke KBRI Beijing dan All-China Youth Federation, peserta juga berkesempatan mengunjungi Bao Shu Tang Sci-Tech Pharmaceutical Company, Summer Palace, Silk Market,  Forbidden City, dan Tiananmen Square.
  • Courtesy Calls atau kunjungan kehormatan ke Presiden/Wakil Presiden/Perdana Menteri dinegara-negara tujuan. Biasanya pada kegiatan ini bentuk-bentuk gift yang berupa plakat/ vandel atau lambang provinsi maupun kerajinan khas dari provinsi Kepulauan Riau sangat dibutuhkan karena barang-barang tersebut akan ditukarkan dengan tempat atau negera yang dikunjungi.
  • Institutional Visit atau kunjungan ke instansi-instansi.
  • Homestay in Program in Foster Family, dimana para peserta ditempatkan dirumah orang tua angkat (host-parents), untuk mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat dan kebudayaan setempat serta untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. 

Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan CHIYEP dari Indonesia seluruhnya berjumlah 10 (sepuluh) orang, meliputi 5 orang pemuda dan 5 orang pemudi. Peserta kegiatan CHIYEP berasal dari 10 provinsi di Indonesia, dimana masing-masing provinsi mengirimkan satu perwakilan pemuda / pemudi untuk mengikuti program ini melalui seleksi di provinsi masing-masing yang diselenggarakan Dispora provinsi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates